Tentang ‘Inah dan Tawaruq

Pernah mendengar tentang Bay’ al-‘inah? Bagaimana kalo Tawaruq? Yup. Kedua jenis pembiayaan ini tidak ada di Indonesia, mereka hanya ada di Malaysia (‘inah) dan di Timur tengah (tawaruq). Kedua model pembiayaan ini umumnya digunakan untuk yang namanya ‘personal financing’. Maksudnya, pembiayaan pribadi seseorang untuk berbagai macam keperluan. Misalnya, untuk pergi jalan-jalan ke Paris, belanja ke Singapur, dan lainnya. He he he… aneh ya? Tapi begitulah memang peruntukan uangnya. Yah, kadang-kadang dipakai juga oleh seorang Ayah untuk biaya membuat acara pernikahan anak perempuannya [smile].

 

Disebabkan pembiayaan murabaha hanya bisa dilakukan jika melibatkan jual-beli benda yang nyata, maka perbankan syariah di kedua wilayah tersebut mengembangkan model Bay’ al-‘inah dan Tawaruq sebagai alternative dari pinjaman konvensional.

 

Namun pro dan kontra bermunculan sejak diperkenalkannya kedua model tersebut. Yang pro mengatakan bahwa kedua kontrak tersebut sah secara hukum syariah, dengan dilandaskan pada mazhab Syafi’I. Sedangkan yang kontra mengatakan bahwa ‘niat yang melandasi kedua model tersebut adalah hutang dengan fixed-return bagi pihak bank’ sehingga walaupun akadnya sah, namun niatnya salah.

 

Skema Bay’ al-‘Inah

 

 

 

 

 

 

 

 

Kenyataan saat ini adalah Malaysia mulai meninggalkan Bay’ al-‘Inah dan beralih kepada Tawaruq. Aplikasi tawaruq ini diantaranya adalah pada liquidity manajemen perbankan syariah melalui Islamic inter-bank money market dengan model commodity murabaha, dan lain sebagainya.

Skema Tawaruq

 

 

Tentang commodity murabaha yang banyak dipraktekan di industri perbankan syariah untuk mengatur likuiditas mereka akan coba saya bahas di waktu mendatang.\

 

Selamat membaca dan memahami diagramnya.

 

Wallahu a’lam. (Abu Fahmi).

 

This entry was posted in 'Uqud, Islamic Banking, Islamic Capital Market. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s