Struktur Sukuk (1): Al-Ijarah

Sukuk dikeluarkan dan diperdagangkan dalam landasan dan panduan yang sesuai dengan shariah seperti yang dikeluarkan oleh, misalnya, Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI). Dan secara umum, struktur sukuk dapat dipisahkan menjadi 2: (1) sukuk yang memberikan keuntungan tetap dan (2) sukuk yang berdasarkan pada profit-and-loss sharing.

Untuk sukuk yang memberikan keuntungan tetap bagi para investornya biasanya dikenal dengan sukuk al-ijarah. Sejauh ini, struktur sukuk al-ijarah adalah struktur sukuk yang paling dominan di dunia. Struktur lengkapnya dapat dilihat pada Gambar 1. Pada Fase ke-1 terlihat bahwa pihak yang memerlukan dana perlu melakukan pengumpulan asset-aset riil yang dapat dijadikan back-up untuk menerbitkan sukuk kemudian mempersiapkan segala sesuatunya untuk diserahkan kepada SPV (Special Purpose Vehicle), yaitu institusi yang telah ditunjuk oleh pihak berwenang dalam mengurusi penerbitan dan penjualan sukuk di Indonesia dan merupakan perwakilan bagi para pemegang sukuk nantinya. Di sini terjadi akad jual-beli asset antara pihak yang memerlukan modal dengan pihak yang akan membeli sukuk tersebut dengan perantara SPV. Asset-aset tersebut kemudian disewakan kembali kepada pihak yang memerlukan dana untuk dilibatkan dalam usaha yang dapat memberikan keuntungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada Fase ke-2, setelah kesepakatan didapat, maka pihak yang memerlukan modal di awal tadi membayarkan uang sewa (keuntungan) kepada pemberi modal yang saat ini sebagai pemilik aset-aset yang diberdayakan dalam usahanya. Hal ini dilakukan sampai waktu yang telah disepakati di awal perjanjian. Dan pada Fase ke-3, yaitu diakhir waktu yang telah disepakati dalam perjanjian, pihak yang memerlukan modal di awal tadi membeli kembali asset-aset yang dijual kepada pihak pemberi modal (redemption) dengan harga pasar saat itu, jadi harga untuk membeli kembali tidak ditetapkan di awal perjanjian. (Abu Fahmi)

 

This entry was posted in Islamic Capital Market. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s